Selasa, 16 Desember 2008

INTERNET MURAH DI KABUPATEN SUKABUMI










*.inzet penulis dengan baju putih


INTERNET MURAH DI KABUPATEN SUKABUMI
Oleh Asep Ikhwan Awaludin,SE

Sebagai seorang penikmat akses internet murah saya selalu merenungi perjalanan panjang membangun infrastruktur RT/RW net yang terinspirasi dari perjalanan seorang Onno.W poerbo , pakar sekaligus pejuang IT yang menjadi ICON Internet rakyat yang mencita-citakan akses internet dengan harga terjangkau / murah di Indonesia.

Sejak tahun 1998, di Sukabumi hanya mengenal Telkomnet instan untuk akses internet dengan biaya Rp.6000/jam atau 144.000 per hari dengan kecepatan sangat standar . Bagi seorang guru yang memiliki keterbatasan biaya namun memiliki ketergantungan tinggi terhadap akses internet tentu saja fasilitas telkomnet instan merupakan barang yang sangat mewah. Pada saat itu belum ada Warnet di kab.sukabumi seperti di Cisaat, Cibadak,Pelabuhanratu dll. Disekolah saja hanya saya sendiri yang sering menggunakan akses internet.

Pada tahun 2002 kami mengajukan program Jarnet ke Dikmenjur dan mendapat bantuan hibah untuk membuat akses jaringan komputer di sekolah, pada saat itu kami mencoba share telkomnet instan ke 10 PC, cukup lumayan untuk ukuran sekolah didaerah. Kemudian tahun 2003 kami mendapat fasilitas bantuan JIS (Jaringan Informasi Sekolah) dan kami bisa share dengan sekolag lain dengan ujicoba Wireless Lan dan diujicobakan akses melalui modem dan akses FREN . Pada Tahun2005 kami mendapat bantuan ICT Center dan kami membangun syurga akses internet murah melalui pengembangan Wide Area Network (WAN) KOTA melalui akses frekuensi 2,4 GHz. Akses yang didapat berasal dari subsidi melalui VSAT IM 2 Indosat , Alhamdulillah ketekunan kami dalam memperjuangkan akses internet murah ke sekolah dan komunitas masyarakat mendapat dukungan dari pihak Dinas, pemda dll. Kami memiliki 12 klien sekolah, 3 warnet dan 5 orang perorangan guru. Kemudian tahun 2006 kami mengembangkan perangkat WAJANBOLIC (Foto-foto bisa diakses di www.gun001.multiply.com ) sehingga bisa dinikmati akses internet unlimited 100 rb perbulan dengan perangkat dengan hanya modal 200 ribu rupiah. Berkembang dari infrastruktur ke Contain melalui pelatihan JARDIKNAS tahun 2007 (Agustus-Oktober) dan pengembangan Wajanbolic goes to jardiknas menghasilkan workshop perangkat + Contain dengan menghadirkan Mas Gun (Penemu Wajanbolic-dari Stasiun bumi Indosat Jatiluhur) dan diikuti 8 perwakilan kab/kota jabar-banten, Alhamdulillah Kang hery dari ICT Center Rangkas bitung, lebak juga menjadi pionir internet murah di kab. lebak kemudian Kang Nunu dari Univ.Mathlaul Anwar pandeglang menjadi inspirator dan pegiat internet murah di Pandeglang, tidak ketinggalan MASTERPIECE ICT Jawa Barat " Gun Gun Gunawan " yang menjadi blueprint bagi pengembangan ICT Center Kab Sukabumi di masa depan juga ikut mengembangkan akses internet murah di Cianjur.

Dewasa ini kami ditunjuk sebagai Agen Speedy oleh PT Telkom Sukabumi dan berhasil menyambungkan 823 SSL untuk sekolah,guru,siswa,desa,kecamatan di daerah-daerah yang terjangkau speedy. Alhamdulillah sekolah saat ini sudah menikmati akses internet gratis melalui program schoolnet dan banyak komunitas dan perorangan mendapat akses internet murah melalui ISP yang berdiri seperti Warnet Cepot, ICT Kota, MCP, USL , BUMI ONLINE dengan hanya 300rb-an per bulan unlimited .

Namun Kabupaten Sukabumi sebagai kabupaten terluas di Pulau Jawa masih menyimpan banyak PR karena masih banyak sekolah yang belum memiliki komputer, guru-guru yang bermimpi memiliki laptop murah atau murid yang bermimpi memiliki PC pribadi dirumahnya.

Kami memiliki obsesi di tahun 2009 untuk membangun Desa Online, Kampung Digital, atau RT/RW Online meskipun hanya pilot project minimal hal tersebut bisa menjadi pemicu pengembangan internet murah dimasa yang akan datang.

Salah satu perusahaan IT yang bergerak dibidang Akses Internet Via Listrik (PLC) yaitu Mahameru, melalui Bapak Agus,ST sejak bulan desember ini merencanakan pembangunan kampung digital berbasis akses internet via listrik (BPL) didaerah pedalaman/terpencil yang tidak terjangkau kabel telepon atau sinyal handphone. Semoga Bapak Bupati Kab.Sukabumi atau Bapak Gubernur Jawa Barat mendukung dan memberikan bantuan untuk pilot project solusi alternatif internet murah melalui jaringan listrik PLN ini dalam rangka pencerdasan bangsa sehingga dapat meningkatkan mutu IPM Jawa Barat.

Salam Sukabumi Cerdas !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar